Sky World TMII

#skyworld #sky_world #tmii #planetarium #mini_planetarium #foto_3D #ruang_angkasa #roket

Rancangannya megah, tapi sayang, jadi komplitnya nanti di bulan April 2016 (ini ditulis bulan Februari 2016).

Yang sekarang ada, ya seadanya, dan terlihat seperti dipaksakan 🙂 tapi worth to try untuk ilmu dan foto 3Dnya. HTM per orang 40rb.

Namanya Sky World, adanya di TMII, posisi mojok deket pintu 2 (pintu yang dekat Asrama Haji), sebrang rumah2 adat Sumatera. Yang temporer terbangun, baru planetariumnya plus 3 arena pendukung, yaitu ruang presentasi, foto 3D dan ruang bermain anak2.

IMG_1505IMG_1530IMG_1532

Ketika masuk, langsung bertemu dengan planetarium mini. Dibuka pada jam-jam tertentu. Isinya tentu saja sama dengan planetarium yang ada di TIM (Taman Ismail Marzuki), tapi ini dengan ukuran mini dan tanpa kursi. Aha tanpa kursi, jadinya kita ngegeloyor sesukanya aja.

Ada yang duduk manis, duduk nyender sampai tiduran. Bebas tapi bertanggung jawab. Suami dan anak, dari duduk manis sampai akhirnya celentangan hahahahaha…

Sayangnya, ruangan tersebut tidak kedap suara. Pintupun hanya dari kain bukan pintu yg kokoh dan gagah. Jadi, ketika presentasi dimulai, suara presenter saing-saingan sama suara musik dari luar. Dan orang-orang yang tidak disiplin mengikuti presentasi sesukanya keluar masuk, jadi cahaya dari luar mengganggu jalannya presentasi yang harusnya dalam ruangan gelap.

Ruang presentasi. Ada di sayap sebelah kiri. Disediakan layar besar dan kursi seadanya plus 1 orang presenter dari HAAJ (Himpunan Astronomi Amatir Jakarta). Yeeaahh… klub astronomi gw yg udah lama gw vakum secara ngawal bocah mulu kalo wiken.

Yup, dengan fasih dan lancar, Mas Ibnu menjelaskan isi film yang disuguhkan kepada pengunjung. Setelah selesai, kita diajak keliling untuk melihat display2 informasi seputar astronomi sekaligus melihat replika roket. Presenter juga menjelaskan sejarah roket dan semua yang ada di display.

Sudah puas, bisa ke sayap berikutnya untuk foto 3D. jadi di ruangan sana disuguhkan foto2 di ruang angkasa yang dibuat seperti 3D plus disediakan baju astronotnya! Jadilah kita astronot dadakan yang berwisata di ruang angkasa :).

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s