Pulau Pari’s Team Building

#pulaupari #pari #pulau #pulauseribu #thousandsislands #teambuilding

Day 1, 14 Mei 2016:

Harusnya berangkat jam 8.45 dari Dermaga 17 Marina Ancol dengan ferry terakhir. Berhubung ada 1 rombongan yang telat tiba di Marina jam 9, maka kita ketinggalan ferrynya. Alhamdulillah, tour agent yang kita percaya sudah punya hubungan baik dengan orang-orang di Marina sana, jadi bisa dinegosiasikan untuk mendapatkan ferry yang baru untuk group kita sendiri. Jika peserta sedikit, hal tersebut tidak terwujud. Tapi karena jumlah orang dalam rombongan sekitar 30an, maka dapatlah kita 1 ferry sedang untuk menampung rombongan kita. Thanks to Tripper Adventure by Opan.

Lesson learned: BE IN TIME (bukan on time lagi, tapi in time). Datanglah lebih awal dari jam keberangkatan. Jangan terlena sama kemalasan kita sendiri. Sangat merugikan, kawan.

Sekitar jam 9.15 berangkatlah kita dengan tujuan Pulau Pari. Dengan menempuh perjalanan sekitar 1.5jam-an, kita tiba di pulau hampir sekitar jam 11.

DCIM101GOPROGOPR7757.
hi PrISP, welcome to Pari Island!

Istirahat sebentar lalu lanjut ke Pantai Perawan untuk team building. Hampir 1 jam di awal, diawalin dengan pemanasan dengan fun games. Berhubungan pesertanya 30% bule, maka pemandu harus bisa menterjemahkan perintah-perintahnya sendiri ke dalam bahasa Inggris. Lumayan seru dan menyenangkan untuk fun games ini.

  • Pemandu bilang hi, peserta bilang halo. Dan sebaliknya.
  • Kalau pemandu bilang 2, kita cari temen bikin kelompok 2 orang. Kalau pemandu bilang 3, kita cari temen bikin kelompok 3 orang. Begitu seterusnya.
  • Ketika berkelompok 3, ada permainan baru yaitu monkey, tree and earthquake. Jadi dalam kelompok tersebut, 2 orang menjadi pohon dengan menyatukan kedua tangan peserta dan sisanya jongkok di dalam naungan pohon jadi monyet. Kalau pemandu bilang monyet, maka si monyet keluar dari tempatnya dan cari tempat baru. Kalau dibilang pohon, maka kedua orang yang jadi pohon harus lepas tangan dan mencar cari teman lain untuk bikin pohon baru. Nah, ketika pemandu teriak gempa bumi, maka semua yang jadi pohon dan monyet harus menyebar dan membuat kelompok baru berformat pohon dan monyet lagi.
  • Buat lingkaran besar. Tadinya kita piker permainan yang umum yaitu pijit-pijitan, tapi ternyata salah duga. Lingkaran besar tersebut diharuskan merapat dan merapat dan terus merapat sampai akhirnya setiap orang bikin kursi sendiri dengan setengah jongkok dan teman depan kita akan duduk di “kursi” buatan kita. Kebayang deh kalau dapat teman yang besar di depan kita, nahan ga kalau dia duduk? :D. kebayang juga sama yang BB (bau badan), ahahahahaha… makanya kebersihan badan harus dijaga sebersih-bersihnya kawan. Ga perlu parfum mahal atau super wangi, yang penting badan ga bau itu sudah ok.
  • If … I will… permainan ini dibagi jadi 2 baris. Setiap orang dalam barisan mengambil gulungan kertas yang berisi satu kalimat. Jika barisan 1 dalam peran IF, maka barisan yang satunya dalam peran I WILL. Jika pernyataannya nyambung maka dapat hadiah coklat. Contoh: If you give me flower, I will give you a hug. Nah, jika pernyataannya jaka sembung, hadiahnya cekakakan dari teman-teman. Contoh: If I buy you medicine, I will go to the beach 😀 😀 😀 😛
  • Permainan terakhir mencari teman dalam bilangan 7. Di sinilah group team building terbentuk.

IMG_4459

Setelah cape, kita break dulu untuk ishoma dengan makanan khas pulau, yaitu seafood. Skala rasa 1 – 10 untuk restoran ini: 7.

Lanjut… mulailah team building dengan pembagian kelompok menjadi 4 group dengan masing-masing anggota sekitra 7 – 8 orang dengan 4 permainan plus yel-yel buatan masing-masing kelompok. Aneh, nyeleneh, nyata.

  1. Bambu gila. Kegiatannya yaitu angkat bambu bersama pakai telunjuk. Ga mudah loh. Bawaannya geregetan hhiiiihhhh…
  2. Cup race. Melihaikan kecepatan tangan dengan memindahkan gelas-gelas kertas.
  3. Mind field. Mencari titik finish dengan pola. Kuncinya: mengingat. Jadi setiap langkah teman kita yang duluan cari jalan harus kita ingat langkah-langkahnya biar yang selanjutnya bisa menduplikasi dan meneruskan sesuai feeling.
  4. Traffic jam. Ini pemainan paling sulit karena tidak ada 1 grouppun yang bisa menyelesaikannya.

Di setiap permainan ada pemandu yang pakai timer yang gunanya untuk mencatat waktu guna mendapatkan pemenang dengan catatan waktu tercepat.

Dimulai dari jam 1, selesai jam 2. Semua penuh tawa dan semangat. Thanks to the EO Namora by Tika.

Selesai team building, lanjut relaks menikmati hutan bakau dengan sekitar 5 perahu karena 1 perahu kayu berisi sekitar 7 orang dengan “sopir”.

Puas muter-muterin hutan bakau kita balik ke homestay untuk istirahat. Jam 5 sore siap-siap bersepeda ke pantai LIPI untuk lihat sunset. Pantai tersebut memiliki perumahan dan tempat kerja untuk para peneliti dari LIPI, karenanya disebut pantai LIPI.

Sayangnya, hampir mendekati magrib kita tidak dapat sunset karena berawan terus sepanjang waktu. Hiburan yang didapat adalah mengetahui bahwa di seberang nun jauh di sana ada pulau yang jarang terekspos yaitu pulau Tengah, tempat para artis dan pejabat plesiran dengan harga perumahan di sana rata-rata milyaran. Dari jauh saja sudah kelihatan elitenya, apalagi didekati, bisa nelen ludah sendiri :D.

Walau balik tanpa foto sunset, setidaknya dapat foto bareng-bareng di ujung jalan setapak LIPI.

Jam 7 malam waktunya makan malam, barbekyu dan pengumuman pemenang team building. Ahai… ternyata kelompok gw juara 1. Ga nyangka, padahal udah agak frustasi di permainan traffic jam.

Sebelum barbekyu dan pengumuman pemenang, digelar dulu itu yang namanya welcome speech dari bapak konsultan project manager kita, Mr. Koen. Kalau gw Cuma tim penggembira aja, jadinya kita ramein di setiap event termasuk welcome speech.

*baru sadar ga ada dokumentasinya pas dinner 😦*

Setelah semuanya selesai, kembalilah kita ke homestay masing-masing untuk istirahat.

Day 2, 15 Mei 2016.

Jam 5 pagi yang mau berburu sunrise dipersilahkan ngumpul, tapi ga ada, ahahahahahaha… pada tepar plus hujan juga pagi itu. Cuma gw doing sama anak gw yang masih semangat. Alhasil kita bersepeda berdua aja menikmati sunrise sekalian kelilingin pulau Pari. Jadi hatam deh jalan-jalan di pulau itu.

Jam 7 pagi kita semua kumpul untuk sarapan.miegor dan nasgor plus mata sapi produk si ayam. Jam 7.30 siap-siap deh perjalanan ke pulau APL/ Bintang Rama untuk snorkling. Perjalanan sekitar hampir setengah jam. Dan tibalah di tengah laut tapi dangkal. Spot yang bagus memang untuk snorkling. Jadilah kurang lebih 2 jam berendam di sana. Yang bule-bule tidak pakai life vest, termasuk Babe (yang punya Pulau Pari ahahahaa…) dan Opan yang sudah biasa nyelem. Memang kita? Yang cemen tanpa pelampung hehehe… buka pelampung untuk foto dalam laut aja deg-degan… 😛

Balik homestay jam 11, acara leha-leha. Tidur dan cek ricek foto. Cekakak cekikik sampe bule-bule bengong ngeliat kehebohan orang udik macam kita. Sampe jam 12 ishoma, lanjut bobo-bobo cantik lagi sampai jam 2 siang. Jam 2.30 siap-siap ke darmaga untuk naik ferry.

Jam 3 lewat, hampir setengah 4 baru on board di ferry dan sampai Marina jam 5an. Langsung banyak yang jackpot 😀

This slideshow requires JavaScript.

This slideshow requires JavaScript.

Summary Run Down:

Day 1

No Time To Time Activities PIC
1 6:30 8:30 Home stay (for guests) to Marina, Dermaga 17 (meeting point) Koen
2 8:30 10:00 Marina to Pulau Pari Opan
2 10:00 12:00 Team Building in Pantai Perawan (Virgin Beach) Tika
3 12:00 13:00 Ishoma/ Lunch time All
4 13:00 15:00 Team Building in Pantai Perawan (Virgin Beach) Tika
5 15:00 16:00 Break Opan
6 16:00 18:00 Bicycling + sunset in Lipi beach Opan
7 18:00 19:00 Free time All
8 19:00 20:00 Welcome speech + Dinner Opan
9 20:00 22:00 Barbecue Koen
10 22:00 End day 1 Opan

 

Day 2

No Time To Time Activities PIC
1 5:00 6:30 Sunrise in Bukit Bintang (Star Hills), Darmaga/ Harbour Opan
2 6:30 7:30 Sarapan/ Breakfast Opan
3 7:30 10:00 Snorkling in Pulau APL/ Bintang Rama Opan
4 10:00 12:00 Back to Pulau Pari and Free time All
5 12:00 13:00 Ishoma/ Lunch time All
6 13:00 13:30 Preparation to speed boat Opan
7 14:00 15:00 Pulau Pari to Marina Opan
8 15:00 17:00 Marina to Hotel Koen

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s