Liburan Sambil Kerja Di Benua Amerika #eh

#minnesota #winsted #waconia #lakewaconia #champlin #newyork #liberty #libertystatue #newjersey #mallofamerica #election #pemilihanpresiden #usa #america #amerika #MOA

IMG_0963

New York, kota impian semua jiwa, tapi ga gw. Gw ga pernah mimpi bisa nginjekin kaki ke negri paman sam ini, tapi malah kegeret ke sini. Trus, nyambung Hongkong – Macau pula. Amejing…

Cerita awal liburan sambil kerja di Winsted. #terbalik hahahaha…

Biasa… tugas negara yang membawa berkah.

29 Oktober 2016

Cengkareng – Narita

Jam 11 malam – jam 5 sore

Lelah tapi masih bisa semail…

Narita – Chicago

Jam 8 malam – Jam 6 sore

Chicago – Minneapolis

Jam 9 malam – jam 11 malam (almost midnight), ketemu Koen yang terbang dari Belgia.

Bayangkan, udah terbang 24 jam tapi masih berada di tanggal yang sama #undurundur #backtothefuture #thetimemachine #projectalmanac #somewhereintime #interstellar #click

Naik kereta penghubung terminal supaya segera sampai ke tempat penyewaan mobil Hertz. Secara kita 13 orang, maka sewa 3 mobil x USD200/ hari. Pembookingan sudah dilakukan sebelumnya by on-line. Jadi di sana ketemu petugas (yg lumayan nongolnya lama karena mungkin istirahat, secara midnight gitu) untuk cek pemesanan, ambil kunci, daftarin nomor passport 3 orang (sesuai jumlah mobil) untuk identitas pengemudi. Pakai SIM A Indonesia, bisa. Berlaku di sana. Jadi aman. Dan ternyata mobil di Amerika itu gede-gede ya…

Tengah malam nyetir ke hotel transit, Holiday Inn Transit, kurleb 1 jam-an. Sampai di hotel sekitar jam 1an pagi. Petugasnya muslim, orang Sudan, ngucapin salam. Suhu lumayan, 15OC dah dingin. Kalau gw cukup sweater rajutan tanpa kancing, tapi temen-temen udah mantelan. Ga tau ini kulit terbuat dari apa. Ada kehangatan di dalam tubuh wkwkwk…

Sleeping beauty.

30 Oktober 2016

Pagi. Jalan-jalan di kota Minneapolis. Yeay… kalau selama ini cuma bisa main game kayak di time zone dengan nama Minneapolis, sekarang beneran ada di Minneapolis, tanpa main game. Suhu adem, buat gw. Tapi dingin buat temen-temen.

Susurin kotanya. Sepi. Mungkin karena Ahad ya, pagi. Belum pada keluar “kandang”.

Minneapolis01

Gw berinsist untuk liat sungai Mississippi. Jadilah kita masuk lewat pintu gedung Guthrie Theater, gedung untuk pertunjukan. Kalau di Indonesia, seperti Gedung Kesenian Jakarta. Petugas-petugasnya ramah-ramah. Kita naik ke lantai 2, lalu keluar lewat pintu kacanya yang langsung menghadap sungai ciamik itu. Viola… langsung narsis semua (kecuali Fikri. Fikriiiiihhhh….  Karena dia ga pernah mau difoto wajahnya, jadilah ia fotografer kita) plus lansekap.

mississipi river

IMG_0084

Puas. Lalu keluar, foto-foto lagi di luar gedung. Habis itu susurin taman West Park Ground, Harriet Island Regional Park, ada harbour kecil, Padelefor Landing. Di pintu tsb diberi tanda-tanda sejarah banjir.

Narsisan lagi di sana, apalagi dengan daun-daun warna warni. Amboy lah… elok…

Puas di sana, kita ke MOA, Mall of America. Muter-muterin mallnya. Guede… makan siang di sana, pilih masakan Jepang. 1 porsi sekitaran USD5 – USD10, tergantung menunya. Porsi di sana gede-gede. Dan sayangnya alas makan pakai stereofoam. Di hampir seluruh tempat makan di Amerika yang gw temuin, pakai stereofoam. Ga sehat …

Saat itu saat di mana iPhone 7 baru muncul. Kalau di Indonesia dibandrol dengan harga kisaran 14 juta, maka di USA ini kita nemuin dgn konversi ke IDR sebesar 8 juta aja! Kalap deh tuh temen-temen pada beli. Pada gesek dah tuh kartu kredit, ckckckck…

Sayang, kita ga sempet ke tunnel kaca gede untuk jalan-jalan mengelilingi kota Minneapolis karena hari sudah sore. Tunnel kaca itu sengaja dibangun oleh pemerintah setempat untuk warganya yang tetap mau jalan-jalan by foot di kota di suhu yang dingin. Jadi walau suhu dinginnya kayak apa, tapi yang mau menikmati kota dengan jalan kaki masih bisa tanpa harus beku.

Sore kita cuss ke Waconia, ngingep di AmericInn Waconia untuk 5 malam, dengan harga kamar USD80an/ kamar, isi 2 – 3 orang. Kasurnya gede-gede. Ga perlu bawa kasur angin. Tiap kamar ada heater, jadi ga usah takut juga kedinginan.

IMG_0142

Senin pagi mulai aktifitas sambilan, kerja di kantor. Begitu setiap hari sampai dengan Jum’at. Perjalanan dengan mobil sekitar 45 menit, tanpa macet sama sekali, dengan stir di sebelah kiri. Pemandangan hanya sawah, lapangan, pabrik, sawah, lapangan, pabrik, ngalahin Karawang. Daerah Karawang aja masih tergolong ramai.

Di sela-sela kerja (jam istirahat makan siang), kita berlibur ke danau Winsted. Danau dan langitnya biru bagus banget. Cuaca cerah, suhu adem buat gw, sekitar 13OC. Moto sana sini. Kami juga memampirkan diri untuk makan siang di luar. Tidak ketinggalan, ke down townnya Winsted. Pingin tau seramai apa. Begitu sampai sana, tettot… orang bisa diitung. So quite… tenang, damai…

Ketika ditanya orang asli sana, sesama karyawan kantor kita, mereka betah tinggal di Winsted dan malah tidak mau ke kota ramai seperti New York.

Malamnya kita makan di beberapa tempat, seperti Ground Round, persis sebelah hotel kami. Lalu di food cournya Target, mallnya sana seperti C4 or Giant.

Makan yang paling mahal yang dirasakan di restaurant …

5 Nopember 2016

NEW YORK

Manhattan

Inilah pusat kota New York. Hutan beton kalau kata Alicia Keys di lagunya. Di kota ini bisa kita temukan dan nikmati banyak tempat, seperti:

Madisson Avenue

Tempatnya pasar kaget. Kita bisa dapat barang-barang dengan harga lumayan miring untuk oleh-oleh.

5th Avenue Shopping Court

Tempat belanja dengan harga di atas harga Madisson Avenue

IMG_0666

Pedagang kaki lima

Ada beberapa ditemukan di jantung kota ini dengan berbagai dagangan, seperti salah satunya kartu ucapan 3 dimensi. Dan ternyata pedagang ini pemegang kunci masjid yang sudah kita cari-cari tapi ga ketemu-ketemu. Standnya ada di dekat toko The North Face, 43rd St.

IMG_0670

The New York Public Library

Perpustakaannya orang New York.

Empire State

Gedung tinggi di Manhattan. Dibuka wisata bersama sampai dengan lantai 86 &102 dengan harga karcis sekitar 500 ribuan rupiah. Jangan takut untuk tidak kebagian tiket karena banyak petugas penjualan tiket yang sudah woro wiri di sekitaran luar gedung.

IMG_0692

Mobil-mobil Polisi NYPD

Banyak yang ngetem. Apalagi seliweran. Belum lagi bunyi sirine mobilnya. Luar biasa. Bisa mejeng untuk selfie. Bisa juga minta sama petugasnya foto bareng. Plus ada kantornya juga di tengah kota.

IMG_0705

China Town

Tempat komunitas orang China yang mana souvenir-souvenir berharga murah.

American Museum & Natural History

Kalau pernah nonton “Night at The Museum” pasti tau isi museum ini. Yup, banyak banget koleksi binatangnya, apalagi tulang dinosaurus yang terkenal lewat film itu, berada dalam naungan ruangan Theodore Roosevelt Rotunda. Selain itu ada juga koleksi artefak dari berbagai negara. Bahkan ada informasi pengetahuan tentang Islam dengan display Ka’bah. Terdapat pula aula bioskop besar untuk pertunjukan 4D. saat itu film yang diputar adalah “Kehidupan di Kutub”.

Ada juga ruang angkasa seperti planet-planet yang menggantung, kubah besar untuk nonton pertunjukan astronomi dengan nama Hayden Big Bang Theater, semua ada di ruangan yang disebut Rose Center for Earth and Space. Tak ketinggalan souvenir-souvenir seputar astronomi. Dan yang tak kalah menarik adalah timbangan untuk menimbang berat badan kita kalau di bulan.

Jangan ketinggalan untuk mampir ke bagian belakang museum ini. Akan ada banyak tupai berkeliaran bebas di tamannya.

Central Park

Pusat taman di Manhattan. Buat santai-santai, main atau selfiean.

Patung Liberty

Ini yang dicari-cari para pelancong sebagai tanda pernah ke sana. Pastinya dengan foto berlatar belakang si patung perempuan hijau asal Mesir itu. Tiket masuk dewasa USD18, lansia USD14 dan anak-anak setengahnya tiket dewasa, dengan pengecekan seketat di bandara saat memasuki kawasan patung Liberty. Kita tidak diperbolehkan membawa makanan. Diberikan loker nanti untuk meletakkan barang-barang yang tidak diizinkan seperti makanan dengan membayar tiketnya.

Setelah membeli tiket, kita akan naik kapal Statue Cruise untuk mencapai patung tsb. Karena patung tersebut memang berada di pulau terpisah yaitu pulau Bedloe, seperti pulau terpisah lain yaitu Pulau Ellis.

Sampainya di sana, kita bisa ambil headset untuk audio information. Maksudnya kita bisa mengetahui cerita-cerita seputaran lingkungan si patung dengan headset tsb.

Di dalam patung itu terdapat ruangan yang berisikan sejarah patung Liberty (seperti Monas dengan sejarahnya di dalam gedung Monas itu sendiri). Terdapat juga obor yang dipegang si petani perempuan Mesir itu yang ternyata berbentuk lampu Aladdin.

20161107_115245

National September 11 Memorial & Museum

Museum twin tower yang heboh ditabrak pesawat pada 11 September 2002. Dua bangunan itu dihabiskan tuntas dan hanya ada aliran air saja yang keluar dari pinggir-pinggir tembok meluncur ke sisi dalam dengan nama-nama almarhum dan almarhumah yang ditorehkan di sekeliling dinding. Jika dilihat sepintas maka hanya terlihat seperti kolam saja.

MoMA Design Store

Berisikan barang-barang unik yang ga kepikiran sebelumnya.

NY University

Kampus belajar di kota NY dengan berbagai macam ras dengan NY park yang ramai sekali di waktu sore dan pagi. Terdapat masjid di sekitar sana dengan ukuran lumayan besar dalam gedung yang bercampur dengan agama lain, Global Center for Academic of Spiritual Life.

Jembatan

Manhattan Bridge, Brooklyn Bridge, Queens Bridge. Semua jembatan-jembatan tersebut sering terlihat di film-film made in Hollywood.

20161108_112502

Masjid

Jangan berharap bangunan ini besar, mempunyai kubah dan plang nama yang besar di depannya. Bisa menemukannya sudah Alhamdulillah dengan tanya sana-sini, karena masjid-masjid ini menjadi satu dengan bangunan yang lain.

Parkir (kalau sewa mobil)

Biaya parkir terbilang mahal di kota ini. Bisa sekitar USD30 per jam (sekitar 400 ribuan). Kalau mau murah diakalin dengan parkir 10 jam atau 24 jam. Atau pesan dulu secara on-line, biasanya ada diskon. Konsekuensinya setelah parkir ambil yg 10 jam, kemana-mananya jalan kaki. Else, naik bis.

IMG_0642

Makanan

Banyak gerobak makanan halal di pinggir jalan Manhattan dengan harga mulai dari USD5. Banyak juga restoran-restoran siap saji dan restoran-restoran dari banyak negara dengan harga yang pastinya lebih dari USD5 sekali makan.

IMG_0645

Event-event Besar

Perhatikan tanggal untuk event-event besar yang terjadi di Manhattan. Harus atur waktu agar tidak terjebak macet. Seperti waktu di sana, ternyata hari ke-2 tiba ada RUN State (Brooklyn, Queens, Manhattan), dan banyak jalan ditutup. Waktu mau ke Museum Nasional di Manhattan, dan kita berangkat dari Queens, itu sekitar 3 jam an lebih.

Election pada tahun itu juga menjadi event besar. Tgl 9 November, bertepatan dengan anak gw berkurang umur. Pemilihannya cenderung anteng karena sudah sistem on-line, tidak banyak orang mengantri di TPS, tapi masalahnya waktu itu karena yang terpilih adalah Trump Donald, maka tiba-tiba seisi Manhattan tumpah ruah untuk demo. Untungnya extend gw cancel, yang harusnya tgl 11 cabut dari NY karena planning mau ke Kanada, jadinya 9 Nov pagi langsung cus ke bandara. Dan ternyata setelah di bandara kerusuhan dimulai. Kalau saja ke bandaranya siang atau sore, wassalam dah, ga bisa jalan karena banyak jalanan ditutup.

NEW JERSEY

Datang ke kota ini cuma ke premium outlet aja, setelah dari patung Liberty. Cukup menggiurkan karena banyak diskon yang menggoda. Foto itu hasil belanja titipan temen2. gw sendiri cuma numpang mejeng sama belanjaannya biar kelihatan gaya 😀

20161107_174959

VISA Amerika serta Tips & Trik

Tidak semua orang yang mengajukan visa diterima oleh pihak kedutaan. Ada baiknya melengkapi dokumen dan memberikan jawaban yang masuk akal serta sedikit polesan dalam merangkai kata-kata.

Tahap awal pastinya mengisi form lewat websitenya, lalu bayar ke bank sekitar satu jutaan dan memilih jadwal.

Jika sudah harinya, harap berada di depan gerbang kedutaan US setengah jam sebelum jadwal kita. Di sana kita akan berbaris sesuai jam yang telah ditentukan dan petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen (passport, form, pas foto dan bukti bayar dari bank). Untuk pas foto wanita berjilbab, usahakan seluruh jidat dan pipi kanan kiri terlihat. Jangan tertutup dengan jilbab yang dipakai (ditarik ke belakang jilbabnya kalau geser ke depan).

Jika sudah waktunya, petugas akan mempersilahkan kita masuk dengan meninggalkan semua barang elektronik seperti laptop, hp bakan flash disk. Masukkan semua barang di loker yang telah disiapkan. Berhubung waktu itu kita rombongan 12 orang, maka semua barang diletakkan di lantai dengan jaminan keamanan.

Setelah melalui pintu pertama, kita akan tiba di tempat penyerahan dokumen. Di sana ada sekitar 4 loket. Ada tempat duduk untuk menunggu dan ada café kecil menjual minuman dan sarapan seperti sandwich. Ketika dipanggil, petugas akan mencocokkan dokumen dengan data formulir di komputer. Kalau sudah ok, akan diberikan nomor oleh petugas yang lain.

Masuk ke ruangan finger print dan interview. Pastikan jari-jari tangan tidak bermasalah seperti terkelupas atau korengan.

Waktunya interview:

  • Pastikan tidak gugup. Full of smile, biar wajah ga kelihatan tegang.
  • Ketika dipanggil, usahakan postur badan tegap. Tegap karena kita berdiri dan sang interviewernya berada di balik kaca dengan mikrofon. Jangan terlihat kita seperti menyembah atau mengemis seperti pekerja-pekerja kelas bawah yang sedang menghadap majikan.
  • Jawab yang tegas setiap pertanyaan yang diberikan. Ada 4 loket di sana dan setiap interviewer mempunyai karakter berbeda-beda. Jadi, treatment menjawab juga bisa berbeda tergantung karakter si interviewer, tapi tetap ketegasan diperlukan.
  • Walaupun kita ada workshop di pabrik, jangan pernah bilang/ jawab/ keluar kata “work” atau “bekerja”, itu udah pasti kartu merah yang dikasih alias gagal dapat visa. Waktu itu interviewernya beberapa kali menggiring pertanyaan dengan harapan kita menjawab “kerja”, tapi tidak berhasil keluar dari mulut kita karena gw tegaskan beberapa kali, “kita akan ada training system baru sebagai pembelajaran di Winsted untuk kita pakai di Jakarta.” Lalu ada pertanyaan apakah akan ada kunjungan ke pabrik? Sebenarnya iya ada untuk melihat lay out dan proses warehouse plus cara kerja di pabrik sana, tapi tetap menjawab, “Tidak. Kita akan training system di kantor.” Kudu kekeuh deh pokoknya.
  • Kalau dalam group, majukan 1 orang leader yang sudah ada visa ke negara lain, seperti visa Schengen. Karena beberapa kali petugas membolak-balikkan halaman-halaman passport gw. Untung di sana ada 2 visa Schengen dan visa Australia. Dan agaknya petugas iseng juga nanya keterlibatan visa Schengen dengan pertanyaan politik. “Headquarter perusahaanmu ada di mana?”. “Swedia”. Ditanya lagi apakah pernah ke sana. Tentu saja pernah, 2x. sekalian kasih tau berapa kalinya biar kita ga disangka mau loncat kerja di US sana nantinya.
  • Beberapa orang ada yang dapat kartu hijau dan merah. Kalau yang merah, kedengerannya kalau ga salah ya (sedikit kepo dan emang kedengeran sih orang-orang yang diinterview itu), dia mau nyusul pacarnya di sana. Ditanya dong kamu hidup sehari-hari bagaimana? Kayaknya jawabannya ditanggung pacar. Entah gimana, tau-tau dia dapat kartu merah.
  • Yang dapat kartu hijau, ada seorang ibu yang bilang mau mengunjungi anaknya di sana. Entah gimana, beberapa dokumen tidak dilengkapi, kayaknya seperti jaminan dia hidup selama tinggal di sana. Jadilah dia bolak-balik nantinya sampai dapat kartu putih.
  • Yang cepet banget dapet kartu putih itu ada sepasang kiki nini yang bilang mau liburan dengan tour travel agent yang udah punya nama. Ga banyak cin cong, langsung lolos, padahal komunikasi mereka dalam Bahasa Indonesia.
  • Jangan khawatir kalau tidak bisa Bahasa Inggris atau takut gugup. Semua interviewernya walaupun asli orang US, mereka dapat berbahasa Indonesia dengan baik. Tapi, alangkah bagusnya kalau kita pakai Bahasa Inggris. Untuk meyakinkan kalau kita layak pergi ke negaranya.
  • Inget untuk bilang “Thank you” kalau wawancaranya udah selesai, apalagi kalau dapat kartu putih. Selamat!

 

Summary Info:

  • Sekali makan 1 porsi sekitaran USD5 – USD20, tergantung lokasi tempat makan dan lauknya.
  • Porsi makan besar. Biasanya kita sharing, 1 porsi untuk 2 orang, atau tetap beli untuk 1 orang tapi setengahnya jangan diacak-acak, bisa untuk makan sesi selanjutnya. Jadi kalau beli siang, setengahnya bisa dibungkus untuk makan malam.
  • Bisa beli makanan beku, harga sekitar USD2 – USD 10, porsi untuk sekali makan, dihangatkan dengan microwave. Di setiap hotel atau budget hotel pasti disediakan microwave, jadi ga usah khawatir untuk menghangatkannya.
  • Penginapan bisa klik airbnb.com untuk kantong backpacker. Perhatikan rules pengembalian uangnya jika kita tidak jadi menginap setelah booking. Kebanyakan tidak ada heater. Jadi siap-siap dingin kalau pas ke sana selain summer.
  • Walaupun terlihat sunny, jangan anggap remeh suhunya. Bawa mantel dan aksesoris lainnya dalam menghadapi suhu rendah.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s