Foto Ngetrek Dalam Air, Umbul Ponggok

Umbul Ponggok 012

#umbulponggok #gopro #fotodalamair #jawatengah #bunda #bunsya #travel #jalanjalan #dinginbanget #seger #wisataair

Asik ya ngeliatnya?

Bikinnya ga seasik ngeliatnya di awal…

Begitu datang, belum apa-apa, mau daftar, udah ada tulisan “Pemotretan Penuh”. Kalau mau ngantri, nanti 2 jam lagi. Well, ga aneh kalau antriannya penuh bin sesak karena musim liburan.

Wah, agendanya banyak lagi. Justru 2 jam ke depan udah harus selesai di tempat ini karena mau ke Prambanan. Lalu dilanjut sama si embak, “Kalau mau yang cepetan, daftar yang di luar saja.”

Langsung cusss ke luar pintu kolam renang Umbul Ponggok ini tanpa fikir panjang. Harga bagaimana? Pasti beda… Lebih mahal. 30 menit 2 orang pakai motor trail, kena 160rb. Manteb kan? ๐Ÿ˜€

Pilihan properti banyak. Mulai dari motor trail, motor vespa, kursi, meja dan tv untuk nonton, kursi-meja-laptop, ayunan, sepeda, becak, sampai lingkaran seperti mainan outbond anak.

Pembicaraan panjang karena selain arahan, kita lihat-lihat juga hasilnya dengan properti masing-masing, mana yang keren.

Mbak admin memulai dengan pertanyaan, “bisa berenang?”. Kalau bisa, dipersilahkan pilih properti yang diinginkan. Apapun jadi mudah kalau bisa berenang. Tapi sarannya walaupun bisa, lebih baik motor aja karena akan mudah untuk ambil nafasnya kalau udah keabisan nafas. Ok lah, motor trail pilihan kita.

Hanya tunggu 15 menit. Langsung nyemplung ke dalam kolam. Masuk kaki, langsung angkat kaki lagi. Dingin ciiinnntttt airnya. Sumpah airnya dingin banget. Padahal itu jam 11 siang. Air itu begitu dingin dan bening karena sumbernya dari mata air langsung yang keluar dari dalam tanah ke tempat itu. Dan ga ada bau amis walau ikan seliweran ke sana kemari.

Si bocah sempet tanya, kalau pakai kulot keangkat ga di dalam air? Mmm… maknyak berfikir. Kalau gamis, pasti iya, makanya pakai daleman celana panjang. Kalau kulot, ya kita lihat aja yuk gimana dia di dalam air. Dan ternyata, bisa keangkat juga walau tidak seekstrim gamis/ rok.

Walau kulit mengkeret, mau ga mau tetap paksakan masuk air badan ini. Hati-hati begitu turun ke air, karena sepanjang pinggiran kolam licin akibat lumut yang merajalela di sepanjang tembok.

Motor trail ditaro di tengah kolam. Haiyaaa… ke sana harus berenang. Dan kedalaman kolam itu sekitar 2.5 meter. Ga ada pegangan. Bocah ga mau ke sana. Walaupun bisa berenang tapi nanti di sana bertahannya bagaimana? Alhasil bocah minta pelampung. Sewa pelampung 10rb sebebas-bebasnya asal jangan dibawa pulang.

Mulailah berenang ke tengah. Beuh, bener juga si bocah. Anteng aja dia ngapung di tengah sama si pelampung. Maknya? Minta pegangan sama tukang fotonya. Diarahkanlah maknya ke motor dan alhasil berdiri di atas jok motor. Alhamdulillah bisa… jadi ga ngos-ngosan mengapung ala bebek di air.

Tahap awal, ambil nafas panjang di permukaan air, lalu nyelem ke air. Rada ga mudah men menghentakkan badan kita masuk ke dalam air. Terpengah-pengahlah tangan meraih stang motor. Dapet! Eh, jilbab belakang naik. Ribetlah 1 tangan benerin jilbab belakang dalam air, masukin ke dalam si kerah gamis.

Mas tukang fotonya dah bilangin, hijabnya dimasukin ke dalam baju ya… karena awalan doi kaget ngeliat si emak pake hijab syar’i. Si emak bilang, yoi mas, ini ganti, pake yang segitiga. Nih, dimasukin. Depan belakang dimasukin ke kerah. Tapi, teteup aja pemirsah, di dalam air itu, si jilbab mengembang. Alhasil pada ga betah di dalam kerah. Berontaklah mereka. Yang repot ya si tangan-tangan emak ngeberesin jilbabnya masukin lagi ke kerah. Kalau ga dimasukin, nanti dia nutupin muka. Kalau yang bagian belakang, jadi kayak konde munjul saingin monas.

Begitu kelar 1x siklus nafas, keluarlah emak ke permukaan air. Langsung berdiri di jok motor. Dan langsung kenceng-kencengin si jilbab masuk kerah. Bebet-bebet lah tuh si jilbab depan belakang biar kekunci. Aman…

“Kaaakk… (Mak manggil bocah). Dingiiinnn… Bunda ga bisa ngeliat apa-apa di bawah. Semua ikan yang bunda liat cuma titik-titik burem aja…”. Entahlah itu karena memang ga pakai goggles atau karena mata mak minus plus silinder. Dan mak ga tanya ke masnya, emang begitu ya kalau ga pakai goggles? Sumpah, si mak ga bisa liat kelucuan ikan di dalam air. Semua tampak seperti bokeh. Eh, tau bokeh ya? ๐Ÿ˜€

Dan mas fotopun bilang, “Nurunin badannya, pake kaki aja. Kakinya disangkutin di sela-sela motor, terus tarik badannya pakai kaki.” Karena mungkin mas fotonya ngeliat si emak susah turun masuk ke air. “Atau mau pakai pemberat?” tanya si mas fotonya. Pemberat maksudnya iket pinggang yang kita pakai agar badan kita berat dan bisa masuk air dengan mudah. “Ga usah deh Mas. Lama lagi nanti ngambilnya. Udah sangkutin kaki aja di motor,” jawab Maknyak.

“Ok,” kata Mak. Dicoba. 1, 2, 3 teriak mas foto dari kejauhan. Hab… ambil nafas, sangkutin kaki. Sangkutin dimana aja dah pokoknya sedapetnya. Tarik badan. Wow… serius, lebih mudah loh! Amejing banget dah tips si mas fotonya.

Alhasil, cara ini mak lebih banyak dapet jepretan dan bisa banyak gaya di atas motor. Sampe-sampe gaya superman hahahaha… pegang stang trus terbang. Kelar sesi foto, tambah deh 1 sesi video. Ini untuk membuktikan kalau foto itu bukan hoax. Kalau ga percaya, ya kita kasih videonya. Soalnya temen-temen si bocah pada bilang, itu boong. Trus pada nanya, beneran ga tuh? Beneran ga ya? Begitu diaksih videonya, langsung pada teriak, “Mauuuuu…!!!!” Wkwkwkwkwkwk ๐Ÿ˜€

This slideshow requires JavaScript.

Kelar 4 siklus, gantian sesinya bocah. Tapi, sebelum si bocah sendirian, Mak minta si mas biar kita berdua dulu. Biar dia ga panik sendirian dalam air tanpa pelampung. Pelampung dibiarkan mengapung di kesendirian ๐Ÿ˜ฆ #nobaper.

Mak tarik badan si bocah sambil megangin pinggangnya supaya ga kebawa arus ataupun panik sendirian. Pastinya dah diwejangin macem-macem sebelum nyilem. Terakhir mak berpesan, “Inget untuk senyum ya…” Biar fotonya keliatan syantik ๐Ÿ˜€

Alhamdulillah… ga panik karena didampingin maknyak. 4 siklus foto dilewati dengan baik, tetep drama jilbab berontak ada juga… lalu dilanjut dengan video.

Pastinya dah ketebak lah ya. Sesi terakhir, ya si bocah foto sendiri dengan pede dan tanpa panik. Berhasil! ๐Ÿ™‚

Nah, untung banget kita milih motor trail. Ambil nafasnya kebantu sama jok motornya. Ga kebayang kalau pilih properti lain macam becak atau meja-tv-kursi atau meja-kursi-laptop. Secara kalau becak atau kursi, tinggi mereka ga setinggi jok motor trail. Jadi bakal rada susah ambil nafas dengan santai di atas kursi atau becak atau meja. Santai dalam arti, kita masih bisa sambil ngobrol sama mas fotografernya. Belum lagi turun ke dalam airnya, gimana sangkutin kaki kita di properti? Yang ada udah terengah-engah, kaki ga nyampe-nyampe juga ke properti buat disangkutin ๐Ÿ˜€

Belum lagi propertinya ga seberat motor trail yang bisa nahan sangkutan kaki kita. Itulah makanya si mbak pendaftaran di awal nanya bisa berenang ga? Karena kita bakal ambil nafas berkali-kali keluar dari air. Belum lagi keramnya. Kalau ga biasa olahraga, terus keluar masuk air, kaki goyang-goyang terus biar kita tetep terapung, bisa-bisa kram.

Eh iya, tau ga? Selama kita sibuk dengan foto, kita ga berasa dingin lagi loh, malah merasa hangat di dalam air itu.

Kelar dong…

Keluar air. Beuuuhh… dingin lagi pemirsah! Arrgghhh… emang jangan keluar masuk air dah kalau ga mau kedinginan terus.

Yang kasian sih si tukang fotonya. Doi dah menggigil terus. Gimana ga??? Doi handle banyak customer yang mewajibkan dirinya keluar masuk air, jalan ke depan keluar area untuk tuker gopro dan ambil ini itu. Duuh… dah ah, selipin aja dah di tangannya si biru cerah. Alhamdulillah… wajahnya langsung sumringah.

Penasaran dong mau ikutan juga???

Ayo cusss dah… ๐Ÿ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s