Gunung Parang Via Ferrata – Pemakaian Alat Keselamatan

#gunungparang #viaferrata #gunung #ferrata #hiking #climbing #mountain #tracking #trekking #webing #bunsya #adventure #ngebolang #metime #refreshing #beautifulindonesia #letsclimb #rocknroll #safety #everyonecanclimb

Gunung Parang yang terletak di Purwakarta, Jawa Barat, sampai dengan saat ini adalah salah satu yang menggunakan ferrata atau tangga besi yang dipasang di gunung tersebut.

Dengan tagline “everyone can climb”, gunung ini bisa dinaikin oleh siapapun, bahkan yang belum pernah atau tidak ada pengalaman naik gunung. Dan waktu yang dibutuhkan singkat saja, sekitar kurang lebih 2-3 jam untuk naik ke atas, tergantung kondisi dan stamina masing-masing.

Ada 2 operator yang menangani penanjakan ini, yaitu Skywalker dan Badega. Tulisan ini dibuat, gw menggunakan operator Skywalker. Next, gw akan coba dari Badega agar tau 2 sisi yang berbeda.

Untuk part ini, gw akan membahas penggunaan alat keselamatan. Untuk pemakaian hardness ini dipakaikan di sekitar paha, selangkangan dan pinggang, maka disarankan yang wanita menggunakan celana. Kalaupun masih mau pakai rok juga ga masalah, yang penting pakai daleman celana panjang.

Lalu ada 2 carabiner yang digantung di hardness, yang 1 fungsinya untuk mengkaitkan itu ke sling, tali karmantel yang dipasang di sepanjang gunung dari atas ke bawah untuk pengunci dan 1-nya lagi dipasang di setiap ferrata yang mau kita jajaki.

Terakhir ada safety helmet. Ini wajib supaya kalau ada kejatuhan dari atas, kepala kita aman. Dan juga sepatu atau sendal gunung.

Safety equipment lain yang optional adalah sarung tangan. Bagi kulit sensitif, dianjurkan untuk memakainya karena selama perjalanan, telapak tangan akan terus bersentuhan dengan ferrata. Dan ketika turun dengan teknik rappeling, maka tangan akan memegang sling. Kalau masih mau mulus, pakailah sarung tangan.

Hal lain yang ga kalah penting adalah sunblock supaya ga terlalu belang, sunglasses biar ga silau dan kalau difoto kita ga nyerengit hehe… lalu lotion anti nyamuk karena jalan menuju ke titik awal gunung adalah hutan, dan mengantripun kita dikelilingi banyak pohon, jadi pasti banyak nyamuk berkeliaran. Selanjutnya kalau gw pribadi pakai balsem geliga atau lotion urut kayak counterpain atau minyak telon yang gw balurin ke paha, kaki, pundak dan tangan. Buat apaan sih? dah kayak nenek-nenek aja. Ihss… emang gw udah nenek-nenek. Makanya pas gw pake balsem, pada nengok yang di sana, mencari-cari sosok nenek-nenek tak diundang.

Trus, coba buat apa? Kalau gw itu buat ngebantu ngelenturin otot. Jadi ketika kegiatan selesai, otot ataupun urat-urat gw ga jadi terlalu kaku kayak kanebo kering. Apalagi buat yang jarang olahraga macem gw. Ya lah, nenek-nenek kan demennya nyirih dan ngerajut ketimbang nge-gym.

Adakah keperluan lain yang dibawa selain disebut di atas?

Ada sayang… Ada…

Air mineral sebanyak 2 botol sedang lah. Tapi kalau lo sejenis onta, ga bawapun bisa tahan. Kalau gw cukup 1. Bukan karena bisa nahan haus tapi karena takut ga tahan pepsi. Mikir lah kalau udah kebelet, mau pepsi dimana coba? Di tebing dan puncak, toilet 2ribu belum jadi. Baru lagi didesain dengan anggaran 198 juta #eh.

Selain air, bawa juga makanan. Nasi ayam geprek gitu? Boleh kalau lu mau repot bawa atau perut ga tahan laper. Tapi, kebanyakan ga anti main stream sih, standard aja. Biskuit, ciki-cikian, coklat.

Trus apa lagi? Pakai baju warna terang ya! Yang ngejreng kalau perlu. Biar kenapa? Biar kece kalau di foto. Biar keliatan kalau yang difoto itu sosok kita, bukan megalitikum.

Dan terakhir yang super penting dari safety equipment, yaitu Kamera Action 360 yeeeeaayyy… supaya semua sudut bisa kerekam ketika lo beraktifitas. Kek di bawah ini nih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: