Canyoneering – Briefing

#canyoneering #briefing #curug #rappelling #turuntebing #pakeair #bunsya #traveling #adrenalin #mytripmyadventure #jalan2 #ngebolang

Saatnya briefing setelah orientasi medan.

Seperti biasa, briefing itu isinya seorang TG (Tour Guide) menginformasikan semua hal yang berkenaan dengan kegiatan. Kalau untuk canyoneering ini TG memberitahu bagaimana nanti cara kita turun dari air terjun dan pakai PPE (Personal Protective Equipment).

Kita hanya akan ditemenin sama safety man di dua titik datar (pos 1 & 2) dan satu di bawah, pos finish (pos 3). Selebihnya begitu udah mulai turun air terjun, kita akan melakukannya sendiri, kecuali minta ditandem. Jadi, perlu banget disimak petunjuk-petunjuk yang diberikan TG dalam briefing ini.

Sebenarnya kegiatan canyoneering ini aman. Yang membuat kita merasa insecure itu sebenarnya rasa panik di kitanya. Ketika kita bisa menguasai rasa panik, maka semuanya berjalan lancar.

Diinfokan juga cara mendrive tali di tubuh kita. Kita harus bisa mendrive sendiri karena ga ada yang bantu nanti kalau sudah di medannya. TG akan bertanya apakah ada yang kidal, karena beda sisi. Ujung tali yang ada di samping kita ditaro di belakang.

Cara ngedrive talinya itu dengan mengulur tali sedikit demi sedikit. Kalau kebanyakan bisa lose dan kita bisa jatuh karena ga ada rem. Jangan juga dipegangin terus itu tali, dia ga lari kemana-mana kok, karena tali di tubuh kita itu cuma untuk keseimbangan. Kalau pacar bisa lari kemana-mana, apalagi kalau lihat tetangga sebelah yang kinclong #wkwkwkw… Kalau lelah, kita bisa parkir dengan cara kaitkan tali kita di pengkait depan, terus lepas tangan, tarik napas, merenung, ngehalu, dan balik lagi ke kehidupan nyata ya genks. Jangan kelamaan parkirnya, takut keenakan.

Kalau mau nyender gimana? Tinggal parkir, trus balikin badan aja, tempelin tubuh belakang kita ke tebing berlumut itu, jangan ke abang sebelah, ntar nyaman dia. Kalau udah nyaman, berabe #eh.

Yang bawa action cam kayak gw, kudu ditaliin karena yang udah-udah, begitu sampe bawah dah entah kemana itu action camnya hahahaha… dan yang terpenting dicasingin. Jangan kayak gw, kepedean ga dikasih casing, yang ada modulnya rusak hahahahaha… tapi keren loh, kamera 2 sisinya ga genks. Seriusan. Sampe sekarang masih berfungsi ok. Casingnya yang buat diving aja. Harusnya kokoh.

Tapi emang jelek hasil videonya karena yang biasanya selfie sticknya invisible, ini jadi ada keliatan tali ngegelewer, dah kek kek apa gitu… ga cantik dilihat sih hehe… Tapi demi safety dan sayang barang, ya korban ga cantik dikit hasilnya gapapa lah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: