Briefing Darat Rafting Palayangan

#rafting #pengalengan #palayangan #arungjeram #air #water #briefing #bunsya #adventure #ngebolang #mainair #kangenwater #splash #friendzone #travel #jalan2 #indonesiaindah #beautifulindonesia #let’stravel #nature #sungai #river

Rafting dilaksanakan di sungai Palayangan sepanjang 4.5 KM dimulai dari Situ Cileunca dengan memakan waktu kurang lebih 1 – 1.5 jam.

Beberapa hal mengenai safety harus diperhatikan, yaitu:

  1. Pemakaian pelampung. Sebelum dipakai, pastinya harus dikendorkan dulu tali-talinya agar bisa masuk ke badan kita dengan cara mendorong pinnya ke belakang. Pakaikan, lalu kancingkan/ kunci agar yang kanan dan kiri bersatu. Kancing aja bersatu, kamu kapan? #ea… Trus kancingnya mesti sejajar ya, jangan menyilang. Ditakutkan kalau menyilang jadinya selingkuh #ups. Kalau sudah terkancing, kencangkan setiap tali dengan cara menariknya satu-satu. Jangan sampe terlalu kencang ya genks, nanti engap. Jangan juga terlalu longgar karena kalau lompat dari perahu secara ga sengaja (alias kejungkil dan nyebur ke sungai), pas temen mau bantuin, malah keangkatnya cuma jaketnya aja, lo-nya tetap mengikuti arus dan ga ketolong. Kalau arus hati mah gapapalah… #haish
  2. Pemakaian helmet atau helm. Prinsipnya sama dengan pemakaian life vest. Jangan terlalu ketat dan jangan terlalu longgar. Senyamannya. Setelah dikancing tali helmnya, cek dengan 2 jari kita di bawah dagu. Kalau udah pas 2 jari berarti ok.
  3. Untuk gaya berenang, kita cuma dianjurkan 1 gaya saja, yaitu gaya pasrah. Celentang dengan kepala membelakangi arus dan tangan terbuka untuk sebagai kemudi. Kaki diusahakan berada di atas permukaan air dan kondisi tertutup agar tidak tersangkut batu.
  4. Jika ada teman seperahu yang jatuh, jangan tarik tangannya atau kepalanya, melainkan tarik bahu pelampung (life jacket) secara berhadap-hadapan muka. Jika posisi teman yang jatuh membelakangi kita, sebisa mungkin kita putar agar berhadap-hadapan, lalu diangkat.
  5. Jika teman yang jatuh “casing”nya besar, maka kita harus menurunkannya dulu ke air selama 3 detik agar ada bantuan hentakan ketika kita menariknya ke atas perahu.
  6. Jika teman yang jatuh posisinya jauh dari perahu, yang diperahu fokus saja dengan perahunya. Akan ada rescue team yang akan melemparkan tali (panjang tali sekitar 10 – 15 meter) ke korban. Korban harus segera menangkap tali dan berbalik arah, meletakkan tali di salah satu pundaknya. Untuk penarik tali, tarik dengan cara biasa, tidak perlu melilitkan tali di tangannya karena akan berakibat buruk.

Selamat rafting! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: